PERANGKAT
PEMBELAJARAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Dosen Pengampu : Bapak Makhfudin
Oleh :
Siti Rohkhana ( A410090173 )
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2012
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama Sekolah : SMA ..........
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Program : XI/IPA
Semester : 1 (
satu )
Standar
Kompetensi : Statistika dan Peluang.
1.
Menggunakan aturan statistika,
kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang
dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar : 1.5 Menentukan ruang sampel suatu
percobaan
Indikator :1. Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai
situasi.
2. Menuliskan
himpunan kejadian dari suatu percobaan
Alokasi
Waktu : 15 menit.
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta
didik dapat menentukan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi.
2.
Peserta
didik dapat menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan.
B. Materi
Ajar
Percobaan, Ruang Sampel, dan
Kejadian.
C. Metode
Pembelajaran
CTL.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pendahuluan
: - Apersepsi :
Guru menanyakan kepada peserta didik apa itu percobaan, ruang sampel, dan
kejadian.
Memotivasi peserta didik dengan memberikan penjelasan mengenai
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti :
1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
a.
Memberikan
stimulus berupa penjelasan kepada peserta didik mengenai ruang sampel ( buku
panduan : Buku Paket Matematika Program Studi Ilmu Alam ).
b.
Memberikan
contoh dengan menggunakan alat peraga kemudian memperagakannya.
c.
Menunjuk
salah satu peserta didik untuk maju ke depan memperagakan alat peraga tersebut.
2. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
a.
Guru
menjelaskan materi ruang sampel ( menggunakan powerpoint dan alat peraga ).
b.
Peserta
didik diminta mengerjakan latihan soal yang ada di papan tulis.
c.
Guru
bersama-sama peserta didik membahas jawaban dari soal-soal yang telah diberikan
oleh guru.
3. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
a.
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
b.
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir :
Penutup
Dalam kegiatan penutup :
1.
Peserta
didik diberi pertanyaan untuk mengulas materi yang telah disampaikan oleh guru.
2.
Peserta
didik diberi pekerjaan rumah ( PR ) dengan mengerjakan soal-soal latihan yang
ada di buku paket ( Buku Matematika Program Studi Ilmu Alam ).
E. Alat
dan Sumber Belajar
Sumber : Buku Paket Matematika Program Studi Alam
Kelas XI untuk SMA dan MA
Alat : Laptop, LCD
F. Penilaian
Hasil Belajar
Teknik : Tugas Individu
Bentuk Instrumen : Tes Tertulis
Instrumen
:
1.
Tuliskan
ruang sampel untuk percobaan berikut :
a.
Pelemparan
1 mata uang logam.
b.
Pelemparan
1 dadu.
2.
Dua
mata uang dilempar bersama-sama. Tulislah kejadian berikut dalam bentuk
himpunan :
a.
A=kejadian
muncul 1 angka.
b.
B=kejadian
muncul 2 angka.
c.
C=kejadian
muncul 2 gambar.
Jawaban :
1.
a)
S = ( A,G )
b) S = ( 1,2,3,4,5,6 )
2.
a)
A = ( AG,GA )
b) B = ( AA )
c)
C = ( GG )
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP/NIK
NIP/NIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar